SISTEM INJEKSI MESIN DIESEL COMMON RAIL
PENGENALAN BENGKEL YANG DI OBSERVASI
- Pada hari kamis tanggal 16 november 2023 jam 09:00AM kami melakukan observasi di bengkel Rajawali Perkasa Motor (RPM) di jalan Antang muara antang 1 kota PalangkaRaya, disana kami mewawancarai teknisi sekaligus pemilik bengkel RPM yang bernama pak Ferry dan disana kami dijelaskan tentang sistem injeksi common rail.
2. Deskripsi kendaraan yang di amati
Kendaraan diesel yang kami amati Toyota hilux double cabin 2013 kode mesin 2kd-vnturbo
kodisi mesin masih standar dan suara mesin masih halus.
3. Hasil observasi
Disana kami melakukan observasi mengenai sistem injeksi common rail sekaligus mencari
ilmu dan pengalaman tentang mesin diesel, kami cukup banyak mendapatkan pengetahuan
mengenai sistem injeksi yang dijelaskan secara langsung oleh pak Ferry selaku mekanik dan
sekaligus pemilik mobil diesel hilux yang kami observasi hasil observasi nya sebagai berikut :
fungsinya adalah untuk mengirim bahan bakar dari tengki bahan bakar ke injektor
dengan tekanan tinggi dan konsisten.
- Supply pump
https://www.blibli.com/p/denso-supply-pump-for-inova-hilux-2500cc/ps--SUD-60048-00012
Fungsinya adalah untuk menghisap bahan bakar dari dalam tengki, menaikan tekanan
sampai maksimal 160 Mpa, dan dikirimkan ke common rail.
- Injektor
Injector-Hilux-2.5-2500-cc-2KD-23670-0L090-Genuine-Denso-Nozel-Nosel-Nozzle-Injektor-Toyota-Hilux-2.5-2500-cc-2KD-i.165205440.7900070549
fungsinya yaitu mengkabutkan bahan bakar ke ruang bakar berdasarkan
signal dari ECM.
- Fuel pressure sensor
https://www.tokopedia.com/zaniinstrument/fuel-pressure-sensor-89458-60010-499000-6081-for-toyota-hilux
fungsinya adalah untuk memonitor tekanan bahan bakar didalam common rail
dan mengirim sinyal ke komponen ECM
- Presure limiter
feliciamobil/valve-sensor-limiter-pressure-commonrail-hilux-innova-fortuner-2-5-2kd?utm_source=google&utm_medium=organic&utm_campaign=pdp-seo
fungsinya adalah untuk membuka valve pressure limiter untuk mengurangi tekanan
pada common rail saat tekanan common rail melebihi level tekanan spesifikasi.
- Suction control valve
https://www.bukalapak.com/p/mobil-part-dan-aksesoris/mesin-mobil/turbo-parts/3s9fv82-jual-scv-supply-pump-toyota-hilux-2-5-3-0-2500cc-3000cc-2kd-1kd-asli-denso-suction-control-valve-kit-0300-2500-3000-cc-bospom-sensor-switch-injeksi-bos-pom
fungsinya adalah berdasarkan pada signal ECM mengatur supply volume bahan bakar
ke common rail dan mengatur tekanan bahan bakar.
Hasil wawancara yang kami dapat mengenai sistem injeksi common rail pada hilux double cabin 2013
- Pengenalan diri dan latar belakang mekanik
Pada wawancara tersebut di bengkel RPM kami ditemani bapak Ferry selaku narasumber
sekaligus pemilik bengkel Rajawali perkasa motor, bengkel ini sudah berdiri 14 tahun
di kota palangkaraya latar belakang mekanik pak Ferry yaitu SMK dan sudah mengikuti
pelatihan di auto 2000.
- Pemahaman tentang sistem injeksi
dalam sistem injeksi memiliki cara kerja yang hampir sama namun berbeda dalam
komponenya, misalkan dalam sistem injeksi konvensional menggunakan bospom
sebagai penekan bahan bakar kedalam injektor sehingga hanya memanfaatkan suhu
saja pada ruang bakar untuk menyalakan mesin.
- Perawatan dan pemeliharaan sistem injeksi
Dalam sistem injeksi common rail perawatan cukup mudah yaitu rutin melakukan
pengecekan dan apabila perlu dilakukan pergantian komponen, komponen yang
perlu di cek adalah filter udara dan bahan bakar harus bagus supaya tidak terjadi
hambatan pada masuknya oksigen ke ruang bakar sehingga tenaga mesin menjadi
kurang bertenaga.
- Pemecahan masalah
Dalam perbaikan sistem injeksi tipe common rail menggunakan scaner sebagai alat
mencari kerusakan yang sudah diberi sinyal oleh sensor yang dikirim ke ECCU,
sehingga mekanik mengetahui kerusakan dan penanganan dapat dilakukan, pergantian
componen atau perbaikan komponen yang masih layak pakai.
- Perbedaan antara injeksi diesel dan bensin
Perbedaan utama tentunya bahan bakar, sistem kerjanya hampir sama menggunakan
tekanan tnggi lalu disemprotkan ke ruang bakar namun untuk tekanan bahan bakarnya
berbeda, karena pada dasarnya mesin diesel menggunakan tekanan tinggi untuk terjadinya
pembakaran sedangkan mesin bensin tidak seperti itu dan mesin diesel menggunakan turbo
charger penambahan tenaga.
- Tantangan dalam perawatan sistem injeksi mesin diesel
Tantangan dalam merawat sistem injeksi tipe common rail spare part nya cukup
mahal dan sedikit susah dalam perawatan dan apabila tidak memahami cara kerjanya.
- Tren teknologi baru dalam sistem injeksi diesel
Dalam sistem injeksi diesel sekarang sangat banyak, pertama dilengkapi dengan
sensor-sensor oleh pabrik pada bagian-bagian yang sering terjadi kerusakan
pada ECCU common rail dan crank shaft ditambah pengaman.
- Saran untuk mahasiswa yang sedang mempelajari sistem injeksi diesel
Menurut saya untuk mahasiswa agar harus terjun langsung ke bngkel untuk melakukan
prktik agar cepat memahami sistem injeksi diesel apabila dilihat langsung akan cepat
memahaminya daripada materi saja, jadi semangat dan keefektifan belajar akan meningkat
dan akan mengetahui cara kerjanya apabila dilihat secara langsung saat mengamatinya.

.png)






Komentar
Posting Komentar